SELAMAT DATANG - Dan tolong menolonglah kamu dalam kebajikan dan taqwa, dan janganlah kamu tolong menolong dalam berbuat jahat dan permusuhan

Sabtu, 15 November 2014

Instalasi windows 7 Lengkap

Proses Menginstall

Untuk memulai proses instalasi windows 7, Anda akan perlu boot pertama dari Windows 7 DVD (jika menggunakan Windows 7 DVD Installer) atau boot pertama dari perangkat USB (jika menggunakan Flashdisk). 

Langkah-langkah

Berikut Langkah-langkah instal windows 7 Dimulai dengan memilih booting windows dari DVD atau flashdisk. Khusus untuk booting dari flash disk, maka masukan terlebih dahulu flash disk sebelum menyalakan komputer atau laptop.

1. Nyalakan Komputer / Laptop.
2. Ubah Boot Pertama Ke CD/DVD, namun jika dari Flash Disk Ubah Boot Pertama ke Flash Disk, ini diperlukan agar Boot Pertama dilakukan melalui Windows 7 DVD Installer atau Flash Disk. (Pada Langkah dibawah)
3. Saat meyalakan Laptop / Komputer Masuk Setup Menu dengan menekan F2 (Pada beberapa Laptop merk lain Esc, F1, F10 atau Del Pada Komputer).

Contoh Masuk Ke Setup Utility, Tampilan ini beraneka ragam tergantung merk , Cari Boot

Arahkan Boot Pertama Jadi DVD atau Flashdisk sesuai keinginan, Tampilan ini pun beraneka ragam tergantung merk

Exit, Saving Changes Kemudian Yes, dan Komputer/Laptop akan segera Restart dari DVD
Jangan Lupa masukan terlebih dahulu DVD Windows 7 Installer ke Drive DVD, sebelum restart.




4. Mulai Proses instal Windows 7 dari DVD Windows 7 Installer, Klik Apa saja pada keyboard, misalnya klik Enter (waktunya hanya 5 detik, kalo 5 detik ga di klik, proses tidak akan terjadi, harus restart lagi)




5. Pada Langkah ini tidak melakukan apapun





6. Pilih English, Klik Next

7. Klik Install Now


8. Klik I accept the license terms, kemudian Klik Next

Proses Segera Dimulai


9. Pada Langkah ini, sangat penting, penting, dan penting, Klik Custom (advenced) - Langkah ini akan memproses Windows dari awal, sehingga nanti akan seperti baru, dan menghapus semua sistem yang lama.


10. Setelah Itu masuk ke Contoh Gambar Di bawah ini, Pada langkah ini Penting Untuk Mengatur Partisi Yang akan di instal Windows 7 Yang Baru.

Gambar di bawah ini contoh Laptop yang memiliki 3 Partisi, Pertama System Reserved, Kedua Windows 7 lama alias C:, dan Ketiga Data alias D:

Catatan: Jika Pada Gambar dibawah ini pada kotak tersebut kosong maka, hardisk kemungkinan rusak atau kabel ke hard disk tidak bagus (tidak terdeteksi).


11. Delete Partisi System Windows Yang Lama, maka sistem Lama (C:) akan terhapus, dan My Documents pun akan terhapus seluruhnya, karena My Documents termasuk C:

Jadi kalo simpan Data-data dikemudian hari sebaiknya di D: atau E:

Arahkan kursor, Delete Partisi dengan Klik Delete, kemudian klik OK - OK aja, sampai tampilan pada gambar berikutnya

12. Arahkan Kursor Pada Partisi Yang Akan diisi Windows 7 Yang Baru, Klik New

Kemudian Klik OK - OK (Untuk diketahui, disini ada suatu nilai berapa Byte Hard Disk)

13. Maka Tampilan akan seperti berikut, Kemudian arahkan Kursor Pada Partisi Yang Akan Di instal Windows Yang Baru (Primary), Kemudian Klik Next

Proses Instalasi Benar-benar dimulai, kalo sudah sampai langkah ini anda bisa benar-benar bersantai, karena selanjutnya akan berjalan Otomatis.

Jangan klik apapun, biarkan saja sampai restart dengan sendirinya


Jika Pada saat Expanding Windows files ada error, berarti memory laptop/komputer rusak. Kalo lancar, Windows akan restart otomatis.

Catatan: Jika menggunakan DVD tidak melakukan apapun, tapi jika menggunakan Flash disk setelah gambar berikut (restart) Flash disk HARUS dicabut.

14. Setelah Restart, pada langkah ini jangan klik apapun, kalo diklik nanti mulai lagi seperti langkah di atas. (Jika memakai flash disk tidak ada gmbr dibawah ini, kan dah dicabut).

Biarkan saja, jangan klik apapun




15. Menyempurnakan Proses Instalasi Windows, Biarkan saja, jangan klik apapun, kalo gerakin mouse atau minum kopi Boleh.

Proses Instalasi Windows hampir selesai, dan akan restart otomatis, jangan klik apapun.




16. Isi Nama untuk Laptop, Komputer, bebas, Trus Klik Next

17. Ga usah diisi, kecuali Laptop atau komputernya ingin memakai password, kemudian klik Next

18. Jika sudah memiliki Kode Windows 7, ketik kodenya dalam kotak tersedia, dan klik Automatically activate Windows. Jika belum mempunyai kode, jangan diisi apapun, Disebelah Next nanti ada Skip, jadi Klik Skip.

19. Klik Use recommended settings

20. Sesuaikan waktu yang dikehendaki, kemudian klik Next

Selamat Proses Instalasi sudah Sempurna


Namun bagi yang belum memasukan kode windowsnya (atau belum di aktifkan-activated), maka sempurnanya windows tersebut hanya berlaku 30 hari, jika 30 hari belum di aktifkan, tampilan windows akan berubah hitam, dan jika dibiarkan kadang bisa merusak hardware Laptop atau Netbook, sebaiknya segera aktifkan Windows setelah Instalasi selesai, Bertanya kepada yang lebih mengetahui.

Catatan: Biasanya dan memang wajib, setiap selesai instal windows 7 sebaiknya instal juga drivernya seperti Graphics driver, Audio Driver, Network Driver (yg berhubungan dgn driver sesuai merknya), biasanya ada CD / DVD tersendiri dikasih waktu membeli Laptop / Komputer, kalo tidak ada harus download.

Namun Pada beberapa Merk Laptop, biasanya tidak perlu juga karena sudah terintegrasi dengan Windows 7. "Driver" harus di instal supaya Laptop / Komputer berjalan dengan semaksimal mungkin. 


Install Driver untuk Windows

Driver Windows merupakan element atau bisa disebut juga perangkat lunak yang sangat penting untuk kinerja sebuah komputer, laptop - notebook atau netbook -. Driver wajib diinstal dan biasanya hal ini dilakukan setelah install baru windows atauinstall ulang windows.

Bagi yang memiliki CD/DVD driver windows mungkin ini tidaklah merasa sulit, karena menginstall driver cukup mudah dan biasanya berjalan otomatis dengan mengikuti petunjuk yang tampil.

Namun bagi anda yang tidak memiliki sebuah CD/DVD drivernya, maka harus mendapatkannya dengan cara mendownload dari internet, karena driver ini harus diinstal supaya komputer dalam kondisi yang sebagaimana mestinya. Namun sebelumnya kita harus mengidentifikasi driver yang sesuai.


Lihat apakah Driver sudah terinstal seluruhnya


Dengan menggunakan Device Manager, kita bisa melihat keseluruhan driver yang telah terinstal. Caranya:

1. Klik Kanan Pada gambar Icon Computer/My Computer dan pilih "Manage".

2. Pilih dan klik "device manager", maka akan terlihat seluruh komponen utama komputer.
Contoh Gambar Display Driver belum terinstal
Jika anda melihat satu saja tanda seru seperti pada gambar, maka driver untuk komponen tersebut belum terinstal. Di sana biasanya terlihat sedikit informasi, misalnya Display driver atau Audio.

Identifikasi Driver sesuai Merk Model/Serial Number


Perlu diketahui bahwa windows driver sangatlah komplex, berhubung banyaknya merk komputer atau laptop yang beraneka ragam. Ada cara sederhana yang bisa dilakukan untuk mengidentifikasinya. Langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah Mengetahui MERK dan MODEL/Type/Serial Number.

Metode menggunakan Utility Windows


Klik Gambar/Icon Windows (ujung kiri paling bawah) atau klik start pada windows XP, kemudian ketikan di kotak pencariannya "dxdiag" (tanpa tanda kutip) kemudian ENTER.


Disini terlihat sedikit informasi yang utama mengenai Type komputer yaitu "System Manufacturer" untuk Merk dan "System Model" untuk model/type, disana juga termasuk beberapa driver ada terlihat. Catatlah Merk dan model tersebut untuk mempermudah download/pencarian driver yang sesuai di internet.

Metode Visual


Anda dapat mengidentifikasi juga secara visual, pada komputer motherboard biasanya terlihat Model dengan tulisan yang cukup besar dan sangat jelas, sedangkan pada laptop notebook atau netbook bisa dilihat dibagian bawah/belakangnya, ada keterangan tulisan merk, model dan serial number.

Download Driver dari Internet


Gunakan Merk dan modelnya sebagai referensi untuk download drivernya di internet. Anda dapat menggunakan mesin pencari seperti Google dengan mengetikan merk dan model sebagai kata kuncinya.

Cobalah ketikan dengan kata kunci sederhana seperti "download MERK MODEL driver", maka munculah hasil pencarian yang terkait. kalau tidak muncul... mungkin google sedang istirahat :D

Dibawah ini ada beberapa referensi untuk mendownload driver sesuai dengan Merknya serta wilayah Asia pada khususnya, dengan catatan beberapa merk mungkin terdapat type/versi driver yang berbeda-beda, disini kita harus jeli untuk memilih yang benar-benar sesuai.

ASUS di link ini atau disini - ACER di link ini - TOSHIBA di link ini - DELL di link ini - HP di link ini - LENOVO di link ini - BIOSTAR di link ini - Gigabyte di link ini

Catatan: Link tersebut diatas mungkin bisa berubah karena merk produk tersendiri. Dan pilihlah VERSI driver yang sesuai, karena terkadang ada beberapa versi walaupun modelnya sama, jangan takut salah, karena kalau salah windows akan menampilkan peringatan kalo driver tidak sesuai atau driver tidak terinstall karena tidak support.

Cara Install driver windows pada komputer/Laptop


Menginstal driver tidaklah sulit dan sangatlah mudah, setelah memiliki driver tertentu dari hasil download, anda hanya perlu mengklik icon drivernya, (jika berbentuk File Winrar, mungkin perlu di klik kanan extract dulu - mungkin juga tidak) kemudian instalah sesuai dengan petunjuk yang ada semudah seperti klik Next dan Next dan Finish kemudian terkadang setelah itu disarankan untuk merestart komputer/laptop.

Jika driver tidak sesuai biasanya tidak akan dilanjutkan prosesnya oleh windows, dan pada umumnya ada suatu keterangan muncul, tetapi terkadang juga tidak ada keterangannya, hanya prosesnya tidak terjadi. Untuk itu carilah kembali driver type/versi lain yang kira-kira sesuai.

Periksa kembali Device Manager

Setelah menginstall driver, lakukan pemerikasaan ulang di device manager seperti langkah yang tersebut diatas. Sebagai informasi, janganlah terlalu khawatir jika ada yang belum terinstall. Yang paling utama dan wajib dinstal adalah

Display Driver/Graphic driver untuk Kinerja Gambar
Audio driver untuk Kinerja Suara

Demikianlah tutorial ini dibuat, mudah-mudahan bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar