SELAMAT DATANG - Dan tolong menolonglah kamu dalam kebajikan dan taqwa, dan janganlah kamu tolong menolong dalam berbuat jahat dan permusuhan

Senin, 17 November 2014

Teks Melingkar dengan Potoshop

Tulisan atau teks yang melingkar ini biasanya diletakkan pada objek yang berbentuk lingkaran, misalnya pembuatan stempel, membuat logo perusahaan atau liannya. Dan dalam tutorial ini, saya ingin berbagi kepada anda khususnya Untuk anda yang masih belum mengetahui cara membuat teks atau tulisan melingkar dengan menggunakan adobe photoshop.


Inilah langkah demi langkah yang akan memandu anda untuk dapat membuat tulisan melingkar dengan menggunakan software adobe photoshop

Langkah 1
Tekan Ctrl + N untuk membuat file baru
Pada palet layer, pilih Create a new layer
Lalu pada toolbox, pilih Ellipse Tool untuk membuat lingkaran, dan pada menu atas pilih Shape layers Buat lingkaran dengan Ellipse Tool (U), agar benar-benar berupa lingkaran sempurna gunakan tombol SHIFT sambil klik dan drag pada area kerja photoshop.



Lalu pilih Horizontal Type Tool dan ketik teks / tulisan didekat garis lingkaran, maka secara otomatis teks melingkar mengikuti garis lingkaran


Mudah bukan, Demikan Tutorial dari Membuat Teks Melingkar Dengan Photoshop , selamat mencoba Cara Membuat Teks Melingkar dengan Photoshop, semoga bermanfaat.

Sabtu, 15 November 2014

Instalasi windows 7 Lengkap

Proses Menginstall

Untuk memulai proses instalasi windows 7, Anda akan perlu boot pertama dari Windows 7 DVD (jika menggunakan Windows 7 DVD Installer) atau boot pertama dari perangkat USB (jika menggunakan Flashdisk). 

Langkah-langkah

Berikut Langkah-langkah instal windows 7 Dimulai dengan memilih booting windows dari DVD atau flashdisk. Khusus untuk booting dari flash disk, maka masukan terlebih dahulu flash disk sebelum menyalakan komputer atau laptop.

1. Nyalakan Komputer / Laptop.
2. Ubah Boot Pertama Ke CD/DVD, namun jika dari Flash Disk Ubah Boot Pertama ke Flash Disk, ini diperlukan agar Boot Pertama dilakukan melalui Windows 7 DVD Installer atau Flash Disk. (Pada Langkah dibawah)
3. Saat meyalakan Laptop / Komputer Masuk Setup Menu dengan menekan F2 (Pada beberapa Laptop merk lain Esc, F1, F10 atau Del Pada Komputer).

Contoh Masuk Ke Setup Utility, Tampilan ini beraneka ragam tergantung merk , Cari Boot

Arahkan Boot Pertama Jadi DVD atau Flashdisk sesuai keinginan, Tampilan ini pun beraneka ragam tergantung merk

Exit, Saving Changes Kemudian Yes, dan Komputer/Laptop akan segera Restart dari DVD
Jangan Lupa masukan terlebih dahulu DVD Windows 7 Installer ke Drive DVD, sebelum restart.




4. Mulai Proses instal Windows 7 dari DVD Windows 7 Installer, Klik Apa saja pada keyboard, misalnya klik Enter (waktunya hanya 5 detik, kalo 5 detik ga di klik, proses tidak akan terjadi, harus restart lagi)




5. Pada Langkah ini tidak melakukan apapun





6. Pilih English, Klik Next

7. Klik Install Now


8. Klik I accept the license terms, kemudian Klik Next

Proses Segera Dimulai


9. Pada Langkah ini, sangat penting, penting, dan penting, Klik Custom (advenced) - Langkah ini akan memproses Windows dari awal, sehingga nanti akan seperti baru, dan menghapus semua sistem yang lama.


10. Setelah Itu masuk ke Contoh Gambar Di bawah ini, Pada langkah ini Penting Untuk Mengatur Partisi Yang akan di instal Windows 7 Yang Baru.

Gambar di bawah ini contoh Laptop yang memiliki 3 Partisi, Pertama System Reserved, Kedua Windows 7 lama alias C:, dan Ketiga Data alias D:

Catatan: Jika Pada Gambar dibawah ini pada kotak tersebut kosong maka, hardisk kemungkinan rusak atau kabel ke hard disk tidak bagus (tidak terdeteksi).


11. Delete Partisi System Windows Yang Lama, maka sistem Lama (C:) akan terhapus, dan My Documents pun akan terhapus seluruhnya, karena My Documents termasuk C:

Jadi kalo simpan Data-data dikemudian hari sebaiknya di D: atau E:

Arahkan kursor, Delete Partisi dengan Klik Delete, kemudian klik OK - OK aja, sampai tampilan pada gambar berikutnya

12. Arahkan Kursor Pada Partisi Yang Akan diisi Windows 7 Yang Baru, Klik New

Kemudian Klik OK - OK (Untuk diketahui, disini ada suatu nilai berapa Byte Hard Disk)

13. Maka Tampilan akan seperti berikut, Kemudian arahkan Kursor Pada Partisi Yang Akan Di instal Windows Yang Baru (Primary), Kemudian Klik Next

Proses Instalasi Benar-benar dimulai, kalo sudah sampai langkah ini anda bisa benar-benar bersantai, karena selanjutnya akan berjalan Otomatis.

Jangan klik apapun, biarkan saja sampai restart dengan sendirinya


Jika Pada saat Expanding Windows files ada error, berarti memory laptop/komputer rusak. Kalo lancar, Windows akan restart otomatis.

Catatan: Jika menggunakan DVD tidak melakukan apapun, tapi jika menggunakan Flash disk setelah gambar berikut (restart) Flash disk HARUS dicabut.

14. Setelah Restart, pada langkah ini jangan klik apapun, kalo diklik nanti mulai lagi seperti langkah di atas. (Jika memakai flash disk tidak ada gmbr dibawah ini, kan dah dicabut).

Biarkan saja, jangan klik apapun




15. Menyempurnakan Proses Instalasi Windows, Biarkan saja, jangan klik apapun, kalo gerakin mouse atau minum kopi Boleh.

Proses Instalasi Windows hampir selesai, dan akan restart otomatis, jangan klik apapun.




16. Isi Nama untuk Laptop, Komputer, bebas, Trus Klik Next

17. Ga usah diisi, kecuali Laptop atau komputernya ingin memakai password, kemudian klik Next

18. Jika sudah memiliki Kode Windows 7, ketik kodenya dalam kotak tersedia, dan klik Automatically activate Windows. Jika belum mempunyai kode, jangan diisi apapun, Disebelah Next nanti ada Skip, jadi Klik Skip.

19. Klik Use recommended settings

20. Sesuaikan waktu yang dikehendaki, kemudian klik Next

Selamat Proses Instalasi sudah Sempurna


Namun bagi yang belum memasukan kode windowsnya (atau belum di aktifkan-activated), maka sempurnanya windows tersebut hanya berlaku 30 hari, jika 30 hari belum di aktifkan, tampilan windows akan berubah hitam, dan jika dibiarkan kadang bisa merusak hardware Laptop atau Netbook, sebaiknya segera aktifkan Windows setelah Instalasi selesai, Bertanya kepada yang lebih mengetahui.

Catatan: Biasanya dan memang wajib, setiap selesai instal windows 7 sebaiknya instal juga drivernya seperti Graphics driver, Audio Driver, Network Driver (yg berhubungan dgn driver sesuai merknya), biasanya ada CD / DVD tersendiri dikasih waktu membeli Laptop / Komputer, kalo tidak ada harus download.

Namun Pada beberapa Merk Laptop, biasanya tidak perlu juga karena sudah terintegrasi dengan Windows 7. "Driver" harus di instal supaya Laptop / Komputer berjalan dengan semaksimal mungkin. 


Install Driver untuk Windows

Driver Windows merupakan element atau bisa disebut juga perangkat lunak yang sangat penting untuk kinerja sebuah komputer, laptop - notebook atau netbook -. Driver wajib diinstal dan biasanya hal ini dilakukan setelah install baru windows atauinstall ulang windows.

Bagi yang memiliki CD/DVD driver windows mungkin ini tidaklah merasa sulit, karena menginstall driver cukup mudah dan biasanya berjalan otomatis dengan mengikuti petunjuk yang tampil.

Namun bagi anda yang tidak memiliki sebuah CD/DVD drivernya, maka harus mendapatkannya dengan cara mendownload dari internet, karena driver ini harus diinstal supaya komputer dalam kondisi yang sebagaimana mestinya. Namun sebelumnya kita harus mengidentifikasi driver yang sesuai.


Lihat apakah Driver sudah terinstal seluruhnya


Dengan menggunakan Device Manager, kita bisa melihat keseluruhan driver yang telah terinstal. Caranya:

1. Klik Kanan Pada gambar Icon Computer/My Computer dan pilih "Manage".

2. Pilih dan klik "device manager", maka akan terlihat seluruh komponen utama komputer.
Contoh Gambar Display Driver belum terinstal
Jika anda melihat satu saja tanda seru seperti pada gambar, maka driver untuk komponen tersebut belum terinstal. Di sana biasanya terlihat sedikit informasi, misalnya Display driver atau Audio.

Identifikasi Driver sesuai Merk Model/Serial Number


Perlu diketahui bahwa windows driver sangatlah komplex, berhubung banyaknya merk komputer atau laptop yang beraneka ragam. Ada cara sederhana yang bisa dilakukan untuk mengidentifikasinya. Langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah Mengetahui MERK dan MODEL/Type/Serial Number.

Metode menggunakan Utility Windows


Klik Gambar/Icon Windows (ujung kiri paling bawah) atau klik start pada windows XP, kemudian ketikan di kotak pencariannya "dxdiag" (tanpa tanda kutip) kemudian ENTER.


Disini terlihat sedikit informasi yang utama mengenai Type komputer yaitu "System Manufacturer" untuk Merk dan "System Model" untuk model/type, disana juga termasuk beberapa driver ada terlihat. Catatlah Merk dan model tersebut untuk mempermudah download/pencarian driver yang sesuai di internet.

Metode Visual


Anda dapat mengidentifikasi juga secara visual, pada komputer motherboard biasanya terlihat Model dengan tulisan yang cukup besar dan sangat jelas, sedangkan pada laptop notebook atau netbook bisa dilihat dibagian bawah/belakangnya, ada keterangan tulisan merk, model dan serial number.

Download Driver dari Internet


Gunakan Merk dan modelnya sebagai referensi untuk download drivernya di internet. Anda dapat menggunakan mesin pencari seperti Google dengan mengetikan merk dan model sebagai kata kuncinya.

Cobalah ketikan dengan kata kunci sederhana seperti "download MERK MODEL driver", maka munculah hasil pencarian yang terkait. kalau tidak muncul... mungkin google sedang istirahat :D

Dibawah ini ada beberapa referensi untuk mendownload driver sesuai dengan Merknya serta wilayah Asia pada khususnya, dengan catatan beberapa merk mungkin terdapat type/versi driver yang berbeda-beda, disini kita harus jeli untuk memilih yang benar-benar sesuai.

ASUS di link ini atau disini - ACER di link ini - TOSHIBA di link ini - DELL di link ini - HP di link ini - LENOVO di link ini - BIOSTAR di link ini - Gigabyte di link ini

Catatan: Link tersebut diatas mungkin bisa berubah karena merk produk tersendiri. Dan pilihlah VERSI driver yang sesuai, karena terkadang ada beberapa versi walaupun modelnya sama, jangan takut salah, karena kalau salah windows akan menampilkan peringatan kalo driver tidak sesuai atau driver tidak terinstall karena tidak support.

Cara Install driver windows pada komputer/Laptop


Menginstal driver tidaklah sulit dan sangatlah mudah, setelah memiliki driver tertentu dari hasil download, anda hanya perlu mengklik icon drivernya, (jika berbentuk File Winrar, mungkin perlu di klik kanan extract dulu - mungkin juga tidak) kemudian instalah sesuai dengan petunjuk yang ada semudah seperti klik Next dan Next dan Finish kemudian terkadang setelah itu disarankan untuk merestart komputer/laptop.

Jika driver tidak sesuai biasanya tidak akan dilanjutkan prosesnya oleh windows, dan pada umumnya ada suatu keterangan muncul, tetapi terkadang juga tidak ada keterangannya, hanya prosesnya tidak terjadi. Untuk itu carilah kembali driver type/versi lain yang kira-kira sesuai.

Periksa kembali Device Manager

Setelah menginstall driver, lakukan pemerikasaan ulang di device manager seperti langkah yang tersebut diatas. Sebagai informasi, janganlah terlalu khawatir jika ada yang belum terinstall. Yang paling utama dan wajib dinstal adalah

Display Driver/Graphic driver untuk Kinerja Gambar
Audio driver untuk Kinerja Suara

Demikianlah tutorial ini dibuat, mudah-mudahan bermanfaat.

Setting Windows 7 Tidak Lambat

Jika Anda sudah terlalu banyak menginstal program, ada kalanya Windows Anda menjadi bertambah berat ketika proses booting dan menjadi cenderung lebih lemot ketika beraktivitas dengan komputer Anda. Hal tersebut disebabkan oleh banyaknya program startup (program yang dijalankan ketika masuk Windows) dan services (modul-modul program yang dibutuhkan oleh program tertentu seperti Antivirus). Semakin banyak program startup dan services, semakin lama pula proses booting Windows dan keduanya pun menggunakan resource memori untuk dijalankan sehingga akan mempengaruhi performa komputer Anda.
Ada sebuah cara  untuk membuat komputer Anda berjalan menjadi lebih lancar, yaitu mengurangi atau mematikan program startup atau service yang tidak begitu dibutuhkan. Berikut langkah-langkahnya:
1. Klik tombol Start, dan ketik msconfig di search box. Akan muncul sebuah window bernama System Configuration.

2. Klik tab Services, lalu centang Hide all Microsoft services (agar tidak mematikan modul service dari Microsoft yang akan berakibat Windows Anda menjadi bermasalah), lalu hilangkan checklist yang tidak ingin digunakan atau klik Disable all dan nyalakan services yang penting (biasanya yang paling penting adalah service untuk antivirus, karena tanpa service tersebut Antivirus tidak dapat berjalan atau mati).


3. Jika sudah selesai di tab Services, pindah ke tab Startup klik Disable All lalu aktifkan program yang Anda inginkan (seperti Antivirus, karena jika Anda matikan startup program ini, Antivirus Anda tidak akan otomatis dijalankan setiap masuk ke Windows).


4. Setelah selesai mengatur Services dan Startup, klik OK untuk mengkonfirmasi perubahan, dan Windows akan meminta Anda untuk melakukan restart pada komputer Anda. Klik Restart  untuk langsung me-restart komputer Anda, atau klik Exit without restart jika Anda belum ingin melakukan restart.


Dengan langkah-langkah tersebut semoga komputer Anda dapat menjadi lebih ringan dan proses booting menjadi lebih cepat. Efek dari pengaturan msconfig ini bervariasi tergantung dari banyaknya program atau services yang ada dan seberapa banyak yang Anda matikan. Biasanya jika daftar services dan startup mencapai 20 program itu merupakan indikasi bahwa startup program Anda sudah terlampau banyak, dan biasanya sebagian besar dari startup itu sifatnya essential atau tidak begitu penting.



Jumat, 14 November 2014

BETA HITA

Segala puji bagi Allah, al-Malik Al-Haqq, Al-Mubin, yang memberikan kita iman dan keyakinan. Ya Allah, limpahkan shalawat pada pemimpin kami Muhammad, penutup para nabi dan rasul, dan begitu pula pada keluarganya yang baik, kepada para sahabat pilihan, dan yang mengikuti mereka dengan penuh ihsan hingga hari kiamat.
SIRGALUNG


MY LIFE


ADVENTURE


Bayarkan Upah Buruh Sebelum Keringatnya Kering

Bagi setiap majikan hendaklah ia tidak mengakhirkan gaji bawahannya dari waktu yang telah dijanjikan, saat pekerjaan itu sempurna atau di akhir pekerjaan sesuai kesepakatan. Jika disepakati, gaji diberikan setiap bulannya, maka wajib diberikan di akhir bulan. Jika diakhirkan tanpa ada udzur, maka termasuk bertindak zholim.
Allah Ta’ala berfirman mengenai anak yang disusukan oleh istri yang telah diceraikan,

فَإِنْ أَرْضَعْنَ لَكُمْ فَآتُوهُنَّ أُجُورَهُنَّ
Kemudian jika mereka menyusukan (anak-anak)mu untukmu maka berikanlah kepada mereka upahnya.” (QS. Ath Tholaq: 6). Dalam ayat ini dikatakan bahwa pemberian upah itu segera setelah selesainya pekerjaan.
Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam juga memerintahkan memberikan upah sebelum keringat si pekerja kering. Dari ‘Abdullah bin ‘Umar, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

أَعْطُوا الأَجِيرَ أَجْرَهُ قَبْلَ أَنْ يَجِفَّ عَرَقُهُ
Berikan kepada seorang pekerja upahnya sebelum keringatnya kering.” (HR. Ibnu Majah, shahih). Maksud hadits ini adalah bersegera menunaikan hak si pekerja setelah selesainya pekerjaan, begitu juga bisa dimaksud jika telah ada kesepakatan pemberian gaji setiap bulan.



Sabtu, 08 November 2014

Sirgalung

 ALLAHU AKBAR


Assalamu alaikum wr wb.
Terima kasih yang sebesar - besarnya saya ucapkan kehadirat Allah SWT yang telah menciptakan langit dan bumi beserta segala isinya. Syalawat kepada nabi Muhammad SAW yang telah menerima wahyu melalui malaikat Jibril.

اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ  Allahumma salli `ala muhammadin wa`ala ali muhammad


Surat Al 'Alaq dan artinya

“Bacalah! Dengan nama Tuhanmu yang telah mencipta.” (ayat 1). Dalam waktu pertama saja, yaitu “bacalah”, telah terbuka kepentingan pertama di dalam perkembangan agama ini selanjutnya. Nabi SAW disuruh membaca wahyu akan diturunkan kepada beliau itu di atas nama Allah, Tuhan yang telah mencipta.

Yaitu “Menciptakan manusia dari segumpal darah.” (ayat 2). Yaitu peringkat yang kedua sesudah nuthfah, yaitu segumpal air yang telah berpadu dari mani si laki-laki dengan mani si perempuan, yang setelah 40 hari lamanya, air itu telah menjelma jadi segumpal darah, dan dari segumpal darah itu kelak akan menjelma pula setelah melalui 40 hari, menjadi segumpal daging (Mudhghah).
Nabi bukanlah seorang yang pandai membaca. Beliau adalah ummi, yang boleh diartikan buta huruf, tidak pandai menulis dan tidak pula pandai membaca yang tertulis. Tetapi Jibril mendesaknya juga sampai tiga kali supaya dia membaca. Meskipun dia tidak pandai menulis, namun ayat-ayat itu akan dibawa langsung oleh Jibril kepadanya, diajarkan, sehingga dia dapat menghapalnya di luar kepala, dengan sebab itu akan dapatlah dia membacanya. Tuhan Allah yang menciptakan semuanya. Rasul yang tak pandai menulis dan membaca itu akan pandai kelak membaca ayat-ayat yang diturunkan kepadanya. Sehingga bilamana wahyu-wahyu itu telah turun kelak, dia akan diberi nama Al-Qur’an. Dan Al-Qur’an itu pun artinya ialah bacaan. Seakan-akan Tuhan berfirman: “Bacalah, atas qudrat-Ku dan iradat-Ku.”
Syaikh Muhammad Abduh di dalam Tafsir Juzu’ Ammanya menerangkan: “Yaitu Allah yang Maha Kuasa menjadikan manusia daripada air mani, menjelma jadi darah segumpal, kemudian jadi manusia penuh, niscaya kuasa pula menimbulkan kesanggupan membaca pada seseorang yang selama ini dikenal ummi, tak pandai membaca dan menulis. Maka jika kita selidiki isi Hadis yang menerangkan bahwa tiga kali Nabi disuruh membaca, tiga kali pula beliau menjawab secara jujur bahwa beliau tidak pandai membaca, tiga kali pula Jibril memeluknya keras-keras, buat meyakinkan baginya bahwa sejak saat itu kesanggupan membaca itu sudah ada padanya, apatah lagi dia adalah Al-Insan Al-Kamil, manusia sempurna. Banyak lagi yang akan dibacanya di belakang hari. Yang penting harus diketahuinya ialah bahwa dasar segala yang akan dibacanya itu kelak tidak lain ialah dengan nama Allah jua.”
“Bacalah! Dan Tuhan engkau itu adalah Maha Mulia.” (ayat 3). Setelah di ayat yang pertama beliau disuruh membaca di atas nama Allah yang menciptakan insan dari segumpal darah, diteruskan lagi menyuruhnya membaca di atas nama Tuhan. Sedang nama Tuhan yang selalu akan diambil jadi sandaran hidup itu ialah Allah Yang Maha Mulia, Maha Dermawan, Maha Kasih dan Sayang kepada Makhluk-Nya.
“Dia yang mengajarkan dengan qalam.” (ayat 4). Itulah keistimewaan Tuhan itu lagi. Itulah kemuliaan-Nya yang tertinggi. Yaitu diajarkan-Nya kepada manusia berbagai ilmu, dibuka-Nya berbagai rahasia, diserahkan-Nya berbagai kunci untuk pembuka perbendaharaan Allah, yaitu dengan qalam. Dengan pena! Di samping lidah untuk membaca, Tuhan pun mentakdirkan pula bahwa dengan pena ilmu pengetahuan dapat dicatat. Pena adalah beku dan kaku, tidak hidup, namun yang dituliskan oleh pena itu adalah berbagai hal yang dapat difahamkan oleh manusia “Mengajari manusia apa-apa yang dia tidak tahu.” (ayat 5).
Lebih dahulu Allah Ta’ala mengajar manusia mempergunakan qalam. Sesudah dia pandai mempergunakanqalam itu banyaklah ilmu pengetahuan diberikan oleh Allah kepadanya, sehingga dapat pula dicatatnya ilmu yang baru didapatnya itu dengan qalam yang telah ada dalam tangannya:
“Ilmu pengetahuan adalah laksana binatang buruan dan penulisan adalah tali pengikat buruan itu. Oleh sebab itu ikatlah buruanmu dengan tali yang teguh.”
Maka di dalam susunan kelima ayat ini, sebagai ayat mula-mula turun kita menampak dengan kata-kata singkat Tuhan telah menerangkan asal-usul kejadian seluruh manusia yang semuanya sama, yaitu daripada segumpal darah, yang berasal dari segumpal mani.
Dan segumpal mani itu berasal dari saringan halus makanan manusia yang diambil dari bumi. Yaitu dari hormon, kalori, vitamin dan berbagai zat yang lain, yang semua diambil dari bumi yang semuanya ada dalam sayuran, buah-buahan makanan pokok dan daging. Kemudian itu manusia bertambah besar dan dewasa. Yang terpenting alat untuk menghubungkan dirinya dengan manusia sekitarnya ialah kesanggupan berkata-kata dengan lidah, sebagai sambungan dari apa yang terasa di dalam hatinya. Kemudian bertambah juga kecerdasannya, maka diberikan pulalah kepandaian menulis.
Di dalam ayat yang mula turun ini telah jelas penilaian yang tertinggi kepada kepandaian membaca dan menulis. Berkata Syaikh Muhammad Abduh dalam tafsirnya: “Tidak didapat kata-kata yang lebih mendalam dan alasan yang lebih sempurna daripada ayat ini di dalam menyatakan kepentingan membaca dan menulis ilmu pengetahuan dalam segala cabang dan bahagianya. Dengan itu mula dibuka segala wahyu yang akan turun di belakang.”
Maka kalau kaum Muslimin tidak mendapat petunjuk ayat ini dan tidak mereka perhatikan jalan-jalan buat maju, merobek segala selubung pembungkus yang menutup penglihatan mereka selama ini terhadap ilmu pengetahuan, atau merampalkan pintu yang selama ini terkunci sehingga mereka terkurung dalam bilik gelap, sebab dikunci erat-erat oleh pemuka-pemuka mereka sampai mereka meraba-raba dalam kegelapan bodoh, dan kalau ayat pembukaan wahyu ini tidak menggetarkan hati mereka, maka tidaklah mereka akan bangun lagi selama-lamanya.
Ar-Razi menguraikan dalam tafsirnya, bahwa pada dua ayat pertama disuruh membaca di atas nama Tuhan yang telah mencipta, adalah mengandung qudrat, dan hikmat dan ilmu dan rahmat. Semuanya adalah sifat Tuhan. Dan pada ayat yang seterusnya seketika Tuhan menyatakan mencapai ilmu dengan qalam atau pena, adalah suatu isyarat bahwa ada juga di antara hukum itu yang tertulis, yang tidak dapat difahamkan kalau tidak didengarkan dengan seksama. Maka pada dua ayat pertama memperlihatkan rahasia Rububiyah, rahasia Ketuhanan. Dan di tiga ayat sesudahnya mengandung rahasia Nubuwwat, Kenabian. Dan siapa Tuhan itu tidaklah akan dikenal kalau bukan dengan perantaraan Nubuwwat, dan nubuwwat itu sendiri pun tidaklah akan ada, kalau tidak dengan kehendak Tuhan.